Lagi blogwalking, nyasar ke sebuah blog yang konon katanya membongkar bisnis-bisnis online besar yang dikategorikan sebagai scam, fake, alias penipuan.
Parahnya ini blog bilang kalo dBC Network adalah scam yang hanya menguntungkan founder dan para founder berhati licik dengan mengusulkan buat mensuspend anggotanya sendiri… helloooowww, kesian amat hidup dia yang gagal bertahan di bisnis ini dan berakhir menjelek-jelekkan bisnis yang dia coba, padahal yang bikin gagal ya kelakuannya sendiri… cabe deeehhhhhh.
Selama saya ikut join di dBC Network, kata-kata orang yang bisnis MLM cuma menguntungkan yang di atas, memanfaatkan downline, tuh sama sekali bullshit gak ada di Oriflame. Saya liat banget tuh, di bisnis ini, what you get is what you did. Yang rajin, yang ulet, yang gigih, yang bertahan, ya mereka itu yang jadi jutawan. Banyaaaaaaak banget yang udah membuktikan jadi jutawan. gak cuma testimonial aja, tapi bulan ke bulan orang-orang yang join barengan, yang belakangan, yang duluan, naek perlahan-lahan levelnya, dan tentu aja naek pula pendapatannya. Orang-orangnnya nyata…dan kami semua jadi temen. Apalagi di dBCN ga ada ditutup2in rahasia suksesnya buat para member. Semua cara dari yang cepet, lambat, cara A, B, C, dst dibeberin satu2, ke semua member. Tinggal pilih mau yang mana, bisanya yang mana.
Dan tentu saja, yang ga kerja ya ga dapet apa-apa. Kalo kata director saya, usaha nol ya hasil nol. kerasa bangeeettt… meskipun saya ga di posisi tertinggi, bahkan beberapa bulan saya stuck di posisi yang sama, saya ga lantas menyalahkan dBC-N adalah scam, toh saya sadar, usaha saya gak ada waktu itu. Gak layak dapet penghasilan juta-juta dengan saya yang leyeh-leyeh aja.
keuntungan leader adalah dari keuntungan downline juga. Jadi para leader bahu membahu membantu downlinenya untuk sukses, dan membantu itupun dapet reward. nothing wrong saya rasa. win-win solution, toh semua sama-sama disukseskan, diuntungkan. leader yang ga membimbing downlinenya ya ga dapet apa-apa juga dari downlinenya, bahkan downlinenya bisa banget punya penghasilan lebih gede dari uplinenya. Ga ada tuh istilah downline yang kerja, untungnya buat upline yang ongkang2 kaki doang. No way….
Kalo yang berpikir ‘ga mau join ah, ntar dia untung gara-gara gue masuk’. wkwkwkwk seterah situ…. yang ga mau diajak sukses ya situ…. ga mau liat orang lain sukses, sementara si orang lain akan terus sukses tanpa dia, dan dia tetep berkutat di tempat, ga maju-maju, dan tetap memaki orang. wkwkwkwk kesian yaaaa :p