16,5 tahun hidup di Bandung, 4,5 tahun di Lampung, 4 tahun di Medan, dan sekarang 2 tahun belakangan di kota yang sepi tanpa macet di Ciamis. Sejak di Ciamis, lumayan suka bolak-balik ke kostan ‘mantan pacar’ di Jakarta. Kostan berbentuk kamar kecil di salah satu sudut jalan pusat kota Jakarta. Deket ke Bunderan HI, ke Plaza Indonesia, Ke Grand Indonesia, bahkan deket ke simbol Indonesia, Monas. Tiap ke Jakarta, selalu saya bandingkan sama 4 kota yang pernah saya singgahi cukup lama, yang akhirnya selalu menarik kesimpulan, saya ngga mau tinggal di Jakarta, fiuhhhhh (–˛ — º) …

Sekarang lagi kepanasan di dalem kamar kost kecil sama 2 balita, sama 1 baby sitter. Bos yang punya kamar lg nyari nafkah .. Panaaasss😦 sepanas-panasnya Ciamis, masih ada angin sepoi-sepoi dari banyak pohon di sekeliling rumah. Di Jakarta sini, bangunan-bangunan tinggi ini gak menghasilkan angin😦 akhirnya kipas angin turun tangan.

Makan siang, diajak bosnya anak-anak makan di luar. Ya ampuun, jarak segitu doang lama amat nyampenya, gara2 padet banget kendaraan. Parkir aja susah. Yang jelas tadi mungkin akan lebih cepet sampe dgn jalan kaki. Mau mampir si 7 eleven aja susaah padahal tinggal di depan mata, lagi lagi karna macet. Oh tidaaaaak banyak amat sih mobil disiniiiiii😦 berapa banyak karbonmonoksida yang seliweran di udara ini? Ga akan sebanding rasanya sama oksigen yg dikeluarin satu-dua pohon di pinggir-pinggir jalan….

Saya pikir, kalo ga punya banyak-banyak duit buat tinggal di kawasan elit di Jakarta mah, ga usah lah pengen tinggal di Jakarta. Hahaha. Tanah aja susah dicari, semuanya beton. Ohh senangnya di Ciamis yg masih banyak sawah, kebon, kolam ikan, pohon2 tinggi….senangnya di Lampung yang kuliah di area perbukitan dgn banyak pohon kelapa, taman, dan bebas macet… Senangnya di Medan— mikir mikir…. Sama aja ah kayak di jakarta sih, meskipun macet nya ga separah di jakarta— dan paling seneeeeng di Bandung, dingiiiiiiiinnnnn…. Di belakang rumah masih banyak pohon, udara pagi suejuuk tenaaaaan, jalan-jalan mantep, meskipun sekarang sama juga macetnya dan rumah sering kebanjiran, akibat modernisasi dunia yang merusak Sungai Citarum.
Ya اَللّه, dimana atuuuuh tempat yang sempurnaaa… Udara kayak di Bandung, tanpa macet kayak Ciamis, tp modern kayak Jakarta… Sawah kebun ladang kayak di ciamis juga….. Sungai jernih bebas banjir. Someday…. I hope…. Kalau masih ada kesempatan.

Sekian, curhat dari balik kamar kost kecil yang panas, di Pusat Jakarta