Yippi yeay!!! Atau meminjam istilahnya Dora dan Boot : “Berhasil!”, “Berhasil!”. Yang udah pada expert jangan ketawa dong liat saya girang banget. Yang masih pada belajar, hayo praktekin pelajaran yang baru aja saya praktekin : membuat “Read more…” atau “Baca selengkapnya…” di blogspot. Hehe…simpel tapi buat yang baru belajar mah ini pencapaian yang luar biasa menyenangkan ^o^. Baru coba ilmu ini untuk blog bisnis onlineku di blogspot🙂 Go mother! Go online!

Mari dimulai :

  • masuk log alias log in ke blog-mu, klik ‘tata letak’ kemudian klik ‘Edit HTML’
  • sekedar saran : jika hanya ingin mencoba-coba dulu, lebih baik sebelumnya download dulu template yg sudah ada di bagian download template lengkap agar bisa digunakan kembali jika editan ini tidak berhasil atau sekedar ingin kembali ke template lama.
  • jangan lupa centang/tandai ‘expand widget templates’ di bagian kiri atas di luar box untuk mengedit template
  • cari kode ]]></b:skin> dan sisipkan kode berikut tepat di bawahnya atau sebelum tag </head> :
<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> 
   span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
   span.fullpost {display:none;} 
</b:if>
</style>

jadi yang sebelumnya, kode HTML nya seperti :

]]></b:skin>

</head>

akan menjadi seperti :

]]></b:skin>
<style>
<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>

</head>

  • Berikutnya, supaya postingan bisa terpotong, cari kode <data:post.body/> dan sisipkan kode berikut tepat di bawahnya :

<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’>
<a expr:href=’data:post.url’> Read More..</a>
</b:if>

  • nah simpen/save deh template barunya
  • langkah selanjutnya untuk memotong postingannya emang lebih ribet ya daripada wordpress yang tinggal klik. Selanjutnya untuk memotong postingan di blogspot, pada postingan yang telah diketik, ketik <span class="fullpost"> di bagian yang ingin ada tulisan "Read more.."-nya dan ketik </span> di akhir postingan. Artinya tulisan yang terletak di antara kedua kode tersebut akan disembunyikan dan diganti dengan kata Read more.... Catatan :ketika mengedit kode ini di postingan, ketik dalam mode edit HTML bukan Compose

Contoh postingan yang dipotong :

Beberapa teman sering bertanya kepada saya. Sudah jadi dokter, ngapain lagi ikutan jualan Oriflame? Hehe… kesannya gimanaaa gitu ya, istilah ‘jualan’,  ‘MLM’, kayaknya buat risih. Sebenernya simpel saja sih…Kalau saya menikmati ini semua gimana? It’s all about passion, right?! <span class="fullpost"> Rasanya sudah lama saya ingin menulis tentang yang satu ini. Entah apa yang jadi halangan, sebenernya bisa saya tulis dari dulu sejak saya gabung bulan Juli 2009 bersama dBC Network untuk menjalankan bisnis Oriflame online. But its always better late than never…</span>

sehingga tampilannya akan terlihat seperti ini :

Beberapa teman sering bertanya kepada saya. Sudah jadi dokter, ngapain lagi ikutan jualan Oriflame? Hehe… kesannya gimanaaa gitu ya, istilah ‘jualan’,  ‘MLM’, kayaknya buat risih. Sebenernya simpel saja sih…Kalau saya menikmati ini semua gimana? It’s all about passion, right?! Read more..

kalau saya sih waktu itu sekali coba berhasil. Mudah-mudahan teman-teman yang lagi coba-coba juga langsung berhasil yaa🙂 atau ada cara yang lebih simpel? silahkan bagi-bagi dong ilmunya🙂