Hal-hal berikut ini dapat menjadi solusi bagi sakit kepala anda :

Identifikasi Pemicu
jika pemicu tersering dari sakit kepala dapat teridentifikasi, sakit kepala dapat dihadang sebelum ia muncul. jalan terbaik adalah melalui sebuah catatan tentang sakit kepala. catat makanan yang dimakan sehari-hari, event-event yang membuat stress, perubahan cuaca, dan aktivitas fisik. kapanpun sakit kepala menyerang, catat waktu kapan mulai dan berhentinya. hal ini dapat membantu untuk menemukan pola sakit kepala, sehingga pemicu personal sakit kepala bisa dihindari.

Kendalikan Stress
banyak orang mampu memanage migren atau tension headaches dengan strategi stresss-busting. meskipun kejadian-kejadian yang membuat stress bisa datang kapan saja dan tidak dapat dikontrol, tetapi respon stress terhadap kejadian tersebut dapat dirubah. Mungkin dibutuhkan pengalaman dengan berbagai teknik seperti meditasi, massage, dan akupunktur untuk menemukan apa yang berguna dan dapat diterapkan bagi penderita.

Lenturkan otot-otot
olah raga ringan adalah pereda stress yang hebat. berjalan kaki adalah pilihan bagus karena memberikan pertahanan ekstra melawan tension headaches. saat anda berjalan, gerakan mengayunkan lengan akan merilekskan otot-otot leher dan bahu.

Makan teratur
makan makanan seimbang sepanjang hari akan memelihara kadar gula darah dari perubahan yang tiba-tiba, artinya tidak akan ada lagi sakit kepala karena lapar. tujuan untuk makanan berat dan makanan ringan adalah memadukan protein dengan karbohidrat kompleks, seperti selai kacang pada roti gandum, atau dada ayam dengan nasi merah. dan pastikan kebutuhan cairan terpenuhi — dehidrasi sering pula merupakan pemicu sakit kepala.

Terapi Fisik
terapi fisik mengkombinasikan olah raga dan edukasi untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan range gerakan otot. pada penderita tension headaches, terapi fisik juga dapat memperkuat otot leher dan membentuk kebiasaan baru yang membuat postur tubuh yang lebih baik.

Medikasi
Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), seperti aspirin atau ibuprofen, efektif melawan berbagai jenis sakit kepala. tapi hindari mengkonsumsi obat-obat ini secara terus menerus, karena dapat mengakibatkan sakit kepala karena penggunaan berlebih obat atau rebound headaches — sakit kepala yang kambuh sesaat setelah pil analgetik dihentikan. untuk sakit kepala yang sering muncul, terutama migren, konsultasikan dengan dokter tentang resep obat yang bisa mencegah migren.

Kapan harus konsul ke dokter?

setiap sakit kepala baru yang berat tidak seperti biasanya atau berlangsung lebih dari dua kali sehari harus diperiksa oleh dokter. juga penting untuk memberi tahu dokter tentang pola perubahan sakit kepala — misalnya, jika ada pemicu baru. jika sakit kepala disertai paralisis, kebingungan, demam, atau kaku kuduk, segera minta pertolongan medis emergency.

Kenali Apa saja yang bisa menjadi pemicu sakit kepala?

sumber :
Migraines & Headaches Health Center
http://www.webmd.com/migraines-headaches/default.htm