Banyak hal yang ternyata bisa memicu timbulnya sakit kepala, dan hal-hal ini jarang sekali diperhatikan sebagai pemicu sakit kepala. Bisa jadi, salah satu hal berikut adalah pemicu sakit kepala yang sering Anda keluhkan.

1. Bos Anda
Yup, si Bos benar-benar bisa bikin sakit kepala lhoo. apapun yang meningkatkan tingkat stress Anda membuat Anda lebih mudah terserang tension headaches atau migren. tension headaches diduga disebabkan oleh meningkatnya sensitivitas jalur saraf di otak yang menyalurkan rasa sakit. Sedangkan migren timbul karena perubahan di dalam otak itu sendiri. selama suatu episode migren, sinyal otak memicu pelepasan zat kimia yang melebarkan pembuluh darah. sinyal-sinyal ini juga mengaktifkan inflamasi di dalam otak, sehingga menyebabkan migren.

2. peningkatan suhu udara

saat suhu udara meningkat, kecenderungan kambuhnya migren atau sakit kepala hebat lain meningkat juga. pada suatu studi terbaru, peneliti menemukan resiko sakit kepala meningkat 7.5% setiap 9 derajat Fahrenheit. tekanan barometrik yang rendah, yang sering muncul sebelum munculnya hujan, dikaitkan dengan sejumlah kecil kasus sakit kepala non-migren.

3. Wangi-wangian yang kuat
Aroma yang kuat — sekalipun wangi — memicu migren pada beberapa orang. bagaimana ini terjadi masih belum jelas, tapi bau menstimulasi sistem saraf. penyebab tersering adalah cat, debu, parfum, dan beberapa jenis bunga.

4. Asesoris Rambut
mengikat rambut ekor kuda terlalu ketat dapat menarik jaringan ikat di kulit kepala, menyebabkan hairdo-headache. Bandana, jepit rambut, dan topi yang terlalu ketat juga menyebabkan hal yang sama. Jika ini jadi penyebab sakit kepala Anda, membiarkan rambut Anda tergerai biasanya cepat memulihkan keadaan.

5. Olah raga
Olah raga berat, termasuk seks, dapat menyebabkan sakit kepala. olah raga fisik menyebabkan pembuluh darah di kepala, leher, dan kulit kepala membengkak, menyebabkan peningkatan tekanan. Hal ini mudah menyerang penderita migren

6. Salah Posisi
Tidak perlu menguras tenaga sampe bercucuran keringat untuk meningkatkan tekanan di kepala dan leher. membungkuk ke meja dalam waktu lama juga akan menghasilkan efek yang sama. posisi yang salah pada umumnya meliputi membungkukan bahu, duduk di kursi tanpa sandaran punggung bawah, menatap layar monitor yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, dan menjepit telepon di antara telinga dan bahu. jika Anda sering mengalami sakit kepala, perhatikan dengan baik ruang kerja anda.

7. Keju
Salah satu pemicu migren tersering adalah keju yang sudah berusia lama, termasuk keju biru, brie, cheddar, feta, mozzarella, parmesan, dan Swiss. biang keroknya adalah zat Tyramine, yang terbentuk saat beberapa jenis protein rusak. makin lama usia suatu makanan, makin banyak mengandung tyramine.

8. Anggur merah
Tyramine juga ditemukan di anggur merah dan beberapa cairan. karena alkohol meningkatkan aliran darah ke otak, efeknya dapat lebih berat.

9. Makanan beku
daging yang diolah, seperti daging beku memiliki pemicu ganda, dagingnya sendiri mengandung tyramine, dan juga zat-zat tambahannya seperti nitrat atau nitrit. zat-zat tambahan ini meningkatkan aliran darah ke otak. sakit kepala karena zat aditif dirasakan biasanya di kedua sisi (lain dengan migren klasik, yang menyerang satu sisi kepala pada satu waktu)

10. Lewat Waktu Makan
Sakit kepala karena lapar tidak selalu terlihat jelas. jika Anda melewatkan waktu makan, kepala Anda dapat mulai sakit sebelum anda menyadari rasa lapar anda. masalahnya adalah pada penurunan kadar gula darah. tapi jangan coba mengobati sakit kepala jenis ini dengan permen. rasa manis menyebabkan gula darah meningkat cepat tapi kemudian menurun bahkan ke kadar yang lebih rendah.

11. Merokok
merokok diketahui sebagai pemicu sakit kepala — dan bukan hanya untuk orang yang merokoknya saja, tapi perokok pasif juga bisa menghirup nikotin, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah otak. menghentikan kebiasaan merokok atau mengurangi pajanan terhadap asap rokok secara khusus membantu pasien-pasien dengan cluster headache. yang merupakan sakit kepala yang sangat hebat di satu sisi yang terjadi dalam satu kelompok.

12. Kafein
Untuk yang cenderung sering sakit kepala, kafein tepat masuk ke dalam kategori “can’t live with it, can’t live without it”. satu sisi, kafein sering menguntungkan — faktanya kafein sering terkandung dalam berbagai obat sakit kepala. tapi kopi chain-chugging dapat menjadi penyebab sakit kepala. dan jika anda terikat erat dengan kafein, berhenti tiba-tiba hanya akan membuat keadaan lebih buruk. ketagihan kafein adalah pemicu sakit kepala lainnya.

Baca juga
Solusi Menghadapi Sakit Kepala

sumber :
Migraines & Headaches Health Center
http://www.webmd.com/migraines-headaches/default.htm

Iklan