Anak pertama, ulang tahun pertama, rasanya wajar kalo kami sekeluarga terjebak dalam suatu kehebohan mempersiapkan segala sesuatu untuk acara ulang tahun si kecil mungil yang akan segera ketemu sama tanggal kelahirannya. Saya kira, diawali dari obrolan-obrolan ringan antara saya dan suami, kemudian ditambah euphoria dari sang nenek *karena ini cucu pertama dari anak satu-satunya*, segala kehebohan itu dimulai hari ini. suami yang harus kembali kerja di seberang pulau menjadikan kehebohan ulang tahun perdana ini dilakoni kami berdua saja. saya dan nenek.

pagi tadi, nenek segera meminta saya untuk mencari baju pesta anak ke salah satu toserba *belum layak disebut mall ;))* terbesar di kota kecil ini.

“santai aja..kan masih 10 hari lagi” saya bilang

“ah…sekarang aja..dah ga sabar liat cucu pake baju ulang taun, biar tenang hati ini kalau sudah ada semua” kata beliau..

kalo nenek bilang sekarang, ya berarti harus sekarang. tidak ada tawar menawar. jadilah pagi itu saya pergi ke toserba tersebut, sembari sekalian ajak anakku jalan-jalan. Cari..cari…dan cari…. waahh model yg ada untuk baju yang diinginkan, cuma untuk 5 th ke atas, gede2 banget untuk ukuran anakku yang baru mau 1 tahun ini. kutelp nenek, dan jawab beliau “di pasar ga ada?”…

“iya nanti saya cari-cari lagi ya…tp kalo ga ada, ga usah sekarang ya, kan masih bisa cari besok-besok ke tempat lain”

“iya” nenek menyetujui

akhirnya di toserba itu saya putuskan nyicil dulu beli yang ketemu, dan akhirnya saya beli sepatu pesta pink *pesan nenek harus pink karena anak perempuan :) dan tidak bisa ditawar* sama beli sweater anak putih yang lucu yang tidak ada hubungannya dengan ulang tahun. tetep ngelaba!!!

sebelum ke pasar yang harus naik kendaraan umum lagi, lebih baik saya masuk ke toserba lain yang berada tepat di depan toserba ini. pas masuk, di etalase langsung mentereng, bando a la peri dan tongkatnya yang berbulu-bulu berwarna pink. langsung deh ta’ samber….nyicil ^.^

pas masuk lebih dalam ke dalam toserba, eeehhhh ketemu deh baju pesta berwarna-warni berbagai ukuran, dari yang paling kecil sampai ukuran anak yang sudah besar. duuuhh…kenapa tadi ga sekalian ke sini? sepatu2 nya juga lebih bagus…aaahhh penyesalan selalu datang belakangan. ya sudah, saya ambil satu baju long dress berwarna pink *padahal bagusan yang putih*. setelah itu, ajak anak main mandi bola dulu di lantai atas, sambil mengistirahatkan pundak dan pinggang yang pegel banget dari tadi harus gendong anakku yang lumayan montok ini. ..

hari dah siang, dan cuaca dah panas bangettt di luar. saya putuskan pulang karena sudah lumayan lama di luar dan yang dicari sudah di tangan. naik kendaraan umum saya pulang ke rumah nenek tempat kami tinggal juga. sambutan antusias langsung terasa karena yang dicari semua ada. langsung deh dites…jadilah siang yang panas itu disejukkan oleh kecantikan anakku yang bak peri dengan tongkat perinya. setelah tertawa gemes bersama-sama, karena ngantuk, anakku langsung merengek minta tidur. sambil minum ASI, anakku yang kecapekan langsung tertidur lelap.

pusing juga nih kepala, di luar panas banget. alangkah leganya ada di dalam rumah lagi… tapi euphoria belum habis untuk hari ini.

“mumpung anakmu tidur, beli kaset ulang tahun sama kaset anak-anak di toko kaset di depan alun-alun” kata nenek

“sekarang???” saya yang masih agak pusing kepala kaget

“iya mumpung anakmu tidur..kan suka nyenyak kalo siang. nih uangnya untuk beli kaset”…seperti tadi pagi…tak ada tawar menawar..

naiklah lagi saya ke dalam angkutan umum menuju alun-alun kota mencari toko kaset dan membeli dua kaset yang dipesan nenek. tak jauh dari toko kaset ada toko buku. saya pikir, sekalian saja mumpung lagi di luar. dan akhirnya saya beli perlengkapan hiasan ruangan khas ulang tahun anak-anak. kertas krep, balon, kartu undangan, styrofoam, dan cutter untuk motong-motong styrofoam.

sampai ke rumah lagi, zahra anakku belum bangun. Alhamdulillah..Dan nenek juga senang karena perlengkapan ulang tahun semakin lengkap. kaset yang baru dibeli langsung diputar di tape deck yang sengaja sudah dipindah ke ruang tengah kemarin, untuk acara ulang tahun.

ulang tahun yang 10 hari lagi terasa begitu lama. maunya sih, acaranya besok saja karena semua sudah siap…euphoria!!!

rencananya H-3 sudah harus pesan kue ulang tahun dan beli-beli snack jajanan anak untuk bekal pulang para undangan yang semua anak-anak juga, dan beli-beli alat tulis atau mainan lucu untuk dijadikan door prize waktu acara “permainan” nanti.

tidak ada hal lain yang terbayang saat ini, selain Zahra kecil yang mungil dan lucu berlagak seperti peri pink kecil dengan tongkat bulu nya berlenggak-lenggok kesana kemari dikelilingi teman-teman yang tertawa-tawa riang.. duh lucunyaaa…mama dan nenek dah gak sabar…^.^

dan Zahra… ia mungkin belum mengetahui apa arti semuanya..apa itu ulang tahun..apa itu baju bunga-bunga mekar berwarna pink dan segala accesorisnya…tapi semoga ia mengerti, ada kasih sayang yang luar biasa besar untuk Zahra dibalik semua euphoria ini.

About these ads